Beranda Berita Inilah Hasil Rapat Koordinasi MUI Kalteng Tahun 2021

Inilah Hasil Rapat Koordinasi MUI Kalteng Tahun 2021

212
0

MUIKALTENG.OR.ID – Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyampaian Program Kerja tahun 2021 yang diikuti oleh Pimpinan Harian MUI Kalteng dan Pimpinan Harian MUI Kabupaten Kota melalui zoom meeting pada Jum’at (4/03).

Rakor dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI Kalteng Dr. K.H. Khairil Anwar, M.Ag, didampingi oleh Wakil Ketua UmumDrs. H. Chairuddin Halim dan Sekretaris Umum Dr. H. Bulkani, M.Pd.

“Pada pelaksanaan rakor ini MUI Kalteng memaparkan program kerja di tahun 2021, sekaligus mendengar laporan kegiatan dari MUI di daerah”, kata K.H. Khairil Anwar.

K.H. Khairil Anwar menyampaikan, bahwa MUI Kabupaten kota se Kalteng siap bersinergi dengan MUI Prov Kalteng untuk menjalankan dan mensukseskan program kerja MUI Provinsi, baik dalam bentuk program kerjasama maupun program tersendiri atau turunan dari program kerja MUI Provinsi.

“Program kerja harus disusun dan dilaksanakan dengan berdasarkan pada tiga prinsip, yakni peningkatan pemahaman masyarakat tentang konsep Islam wasathiyah dan moderasi beragama, kemudian sesuai dengan skala prioritas dan mendesak dan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19”, katanya.

Tambahnya lagi, kedepan akan dilaksanakan rapat koordinasi secara rutin dan tematik, setiap minggu pertama pada bulan ganjil selama tahun 2021, dengan melibatkan pimpinan harian atau unsur MUI Kabupaten Kota se Kalteng, dengan mengambil tema-tema tertentu.

“Beberapa tema yang dapat dibahas antara lain tentang pengkajian masalah hukum dan perundangan-undangan di masing-masing daerah Kabupaten Kota se Kalteng, misalnya tentang PERDA, sehingga produk hukum tersebut dapat mengakomodir kepentingan ummat secara keseluruhan”, katanya.

Selain itu tema lainnya juga menyangkut program sertifikasi halal sesuai UUJPH, khususnya terkait dengan pemberdayaan UMKM. Pembinaan dan pemberdayaan muallaf. Kajian dan pengarusutamaan potensi seni budaya daerah yang sesuai dengan nilai-nilai Islami. Serta pemberdayaan ekonomi syariah.

Terakhir, K.H. Khairil Anwar menyampaikan bahwa selain beberapa hasil Rakor tersebut, juga ada catatan lainnya, yakni MUI Kabupaten Kota segera membentuk Lembaga Pembinaan Muallaf (LPM) di masing-masing daerah. “Sementara MUI Provinsi Kalteng melalui LPM Provinsi menyiapkan buku Panduan Pembinaan Muallaf”, jelasnya.

Kemudian MUI Kabupaten Kota segera membentuk GANAS ANNAR, khususnya bagi MUI Kabupaten Kota yang belum membentuk lembaga tersebut. (dyn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here